Isi dan Signifikansi Praktis Formula Radbruch

Formula Radbruch

Istilah “formula Radbruch” umumnya mengacu pada artikel Gesetzliches Unrecht und übergesetzliches Recht (“Bukan-Hukum Undang-Undang dan Hukum di Atas Undang-Undang”)* Tahun 1946 oleh Gustav Radbruch. Dalam artikel ini, Radbruch menyatakan:

“Preferensi [dalam memecahkan konflik kepastian hukum dan keadilan, oleh Penulis] diberikan kepada hukum yang diundangkan sepatutnya dan dijamin oleh kekuatan negara sebagaimana adanya, bahkan ketika hal tersebut tidak adil dan gagal memberikan manfaat kepada rakyat, kecuali jika konflik dengan keadilan mencapai tingkat yang sangat tidak dapat ditoleransi sehingga anggaran dasar menjadi ‘hukum palsu’ [unrichtiges Recht] dan oleh karena itu harus menyerah pada keadilan.” (Diterjemahkan oleh Stanley L. Paulson)**

Formula Radbruch

Pada kenyataannya, formula Radbruch terdiri dari dua formula. Selain formula pertama tersebut di atas – yang disebut sebagai Unerträglichkeitsthese (“tesis ketidaktoleranan”) – Radbruch telah mengembangkan diferensiasi lain, yang disebut sebagai Verleugnungsthese (“tesis penyangkalan”). Radbruch melanjutkan:

“Dimana tidak ada upaya untuk keadilan sama sekali, dimana kesamaan, inti dari keadilan, secara sengaja dikhianati dalam jaminan hukum positif, maka anggaran dasar tersebut bukan hanya merupakan ‘hukum palsu’ [unrichtiges Recht], tetapi juga sepenuhnya tidak memiliki sifat hukum itu sendiri.” (Diterjemahkan oleh St. L. Paulson)*** Kedua formula tersebut membuat asumsi penentu mengenai hukum yang berdasarkan anggaran dasar. “Tesis ketidaktoleranan” tersebut menghadapi masalah keabsahan hukum (Geltung des Rechts), yang membedakan hukum undang-undang, yang tidak adil tetapi sah, dari hukum anggaran dasar, yang telah kehilangan keabsahannya dalam hal ini. Sebaliknya, “tesis penyangkalan” berurusan dengan konsep hukum (Begriff des Rechts), yang memisahkan hukum dari bukan-hukum (scil. hukum anggaran dasar tidak memiliki sifat hukum itu sendiri). Walaupun terdapat perbedaan subjek, tetapi dalam hal acuan kedua formula tersebut terhadap keadilan, seseorang dapat menganggap “tesis penyangkalan” sebagai suatu perwujudan “tesis ketidaktoleranan

Tulisan berjudul “Isi dan Signifikansi Praktis Formula Radbruch” di atas merupakan salah satu portfolio penerjemahan yang dilakukan Dian Translation.

Layanan Dian Translation

  • Translation atau penerjemahan dokumen dan jurnal internasional baik dari Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris.
  • Proofreading jurnal internasional untuk dosen dan mahasiswa dari kampus di seluruh Indonesia. Kami telah membantu ratusan mahasiswa melakukan pengecekan manuscriptnya sebelum di-submit ke publisher jurnal internasional.
  • Cek Skor Turnitin. Kami dapat membantu pengecekan skor Turnitin buku, manuscript, artikel, tulisan ilmiah, atau pun yang lainnya. Kami menggunakan No Repository dalam pengecekan skor Turnitin. Jadi akan aman ketika dicek di kampus kembali.
  • Diet Skor Turnitin atau Parafrase. Bila skor Turnitin manuscript Anda masih tinggi, kami bisa membantu menurunkannya. Kami menggunakan teknik parafrase secara manual.

Hubungi Kami

Bila kamu membutuhkan jasa penerjemahan jurnal atau karya ilmiah, silakan dapat menghubungi kami melalui

Jasa translate, proofreading, turnitin, dan parafrase
Tanya Admin
Tanya admin.
Dian Translation
Hai, Kakak.
Butuh jasa translate, proofreading, Turnitin, atau parafrase?
Chat di sini ya!