Bauran Pemasaran dalam Industri Makanan


Bauran Pemasaran – McCain Foods dibangun pada tahun 1957 di Kanada oleh McCain bersaudara – Harrison, Wallace, Robert dan Andrew. McCain Foods sekarang adalah produsen keripik terbesar di dunia dengan nilai penguasaan pasar (market share) hampir 33% dan lebih dari 20.000 pekerja yang bekerja di 57 lokasi di seluruh dunia. Sejak tahun 1968, McCain GB telah beroperasi di Inggris tepatnya di Scarborough, North Yorkshire. Kebanggaan McCain pada kualitas dan kenyamanan produk mereka yang beragam dan selama lebih dari tiga dekade telah membuat versi yang lebih sehat dari makanan pokok favoritnya.

McCain bersaudara mempunyai filosofi yang sederhana – ‘Etika yang baik adalah bisnis yang bagus’. Hal ini terletak di belakang tulisan merk McCain ‘Semua ini Baik’. Ini bukan sekedar makanan yang bagus. Filosofi ini juga merujuk pada bagaimana cara McCain bekerja dengan para supplier-nya dan membangun hubungannya dengan para konsumen. McCain percaya bahwa hal ini penting untuk memperhatikan lingkungan, komunitas dan orang-orangnya. Hal ini berjalan untuk sekira 300 petani di Inggris, terpilih karena kualitas panen kentang mereka. Pabrik McCain terletak di area utama pengembangan kentang, yang membantu mengurangi jarak makanan.

Contoh lain dari cara McCain mengurangi dampak lingkungan adalah dengan cara instalasi tiga turbin angin setinggi 125m guna menghasilkan listrik untuk pabriknya di Whittlesey dekat Peterborough.
McCain menjadi perusahaan makanan pertama di Inggris yang menggunakan energi alternative guna membantu mengaliri listrik untuk perusahan besar. McCain juga mengembalikan pada masyarakat dengan memasukkan sumber daya untuk proyek lokol ataupun nasional.
McCain banyak mendukung beragam badan amal lokal dan kegiatan-kegiatan yang baik. Secara nasional, McCain mempunyai kesepakatan lima tahun dengan Atletik Inggris untuk menyumbang jalur lari dan lapangan olahraga di Inggris.

bauran pemasaran (marketing mix)

McCain berjuang untuk menjadi sebuah perusahaan yang membuat makanan baik dan sederhana dengan cara yang sangat berkelanjutan, sembari memenuhi target bisnis mereka. Guna mencapai hal tersebut, bisnis memastikan bahwa perusahaan harus menyeimbangkan empat elemen (empat P) dalam bauran pemasaran. Produk atau layanna akan mempunyai bauran empat P yang berbeda-beda. Bauran pemasaran yang tepat akan mencapai tujuan pemasaran dan menghasilkan kepuasan konsumen:

  1. Produk (Product) – harus terlihat dan terasa baik dan dibuat dari bahan-bahan yang sehat
  2. Harga (Price) – harga harus menarik guna memastikan penjualan yang cukup untuk menghasilkan keuntungan
  3. Tempat (Place) – tempat dan posisi produk di pasar sangat penting untuk berkompetisi dalam penguasaan pasar (market share)
  4. Promosi (Promotion) – harus sesuai dengan tujuan perusahaan untuk produknya.

Studi kasus ini menunjukkan bagaimana McCain mengkombinasikan seluruh empat bagian bauran pemasaran untuk mengembangkan strategi pemasaran mereka.

Artikel ini diterjemahkan dari Bahasa Inggris oleh Dian Translation

Leave a Comment

Tanya Admin
Tanya admin.
Dian Translation
Hai, Kakak.
Butuh jasa translate, proofreading, Turnitin, atau parafrase?
Chat di sini ya!