Mengenal Metode Pemunculan Isu dalam Kelompok


Isu merupakan sebuah konflik antara dua kelompok atau lebih yang dapat diidentifikasi mengenai persoalan prosedural atau pun substantif. Umumnya berkaitan dengan distribusi posisi atau pun sumber daya. Secara umum, terdapat empat cara bagaimana isu tersebut diciptakan. Metode yang paling umum adalah pembuatan sebuah isu oleh satu pihak atau lebih yang saling bertentangan dan merasa adanya bias yang tidak menguntungkan dalam distribusi posisi atau sumber daya. Sebagai contoh, pada tahun 1950 para pengemudi truk di Pennsylvania berpendapat bahwa jalan raya mempunyai keuntungan yang tak terpisahkan dalam membawa muatan jarak jauh dan mencoba untuk menciptakan sebuah isu untuk ganti rugi atas ketidakseimbangan ini. Para inisiatornya dilabeli ‘pengubah.’

Kata para ahli

Bentuk lain dari penciptaan isu dapat dilihat pada orang atau kelompok yang membuat isu untuk keuntungannya sendiri; sebagai contoh, para individu yang ingin menjalankan kantor publik dan mencari sebuah isu untuk mempercepat alasannya. Para individu seperti itu dapat dilabeli “pengeksplotasi.” Sebagaimana Herbert Blumer telah tuliskan:

Penguasaan simpatisan atau anggota jarang terjadi hanya melalui sebuah kombinasi permohonan yang telah dibuat sebelumnya dan bakat psikologi individu yang dibangun sebelumnya pada yang mana hal ini akan dikeluarkan. Sebaliknya, simpatisan yang prospektif harus dimunculkan, dipelihara dan diarahkan.

Has Toch memberikan sentimen yang mirip ketika dia menulis:

Orang-orang dibawa ke gerakan sosial melalui berbagai keahlian pemimpin dan penggerak dibandingkan oleh karena adanya persoalan yang telah ada…Seruan tersebut nampaknya mengawali orang-orang yang utamanya tertarik dengan tujuan-tujuan lain dibandingkan pada solusi atas persoalan anggota yang potensial.

Cara lain bagi inisiator isu adalah melalui kejadian yang tidak diantisipasi. Kejadian semacam itu disebut dengan “reaktor tidak langsung.” Sebagai contoh, perkembangan sebuah lapisan minyak di pantai California dekat Santa Barbara pada awal tahun 1969. Hal tersebut telah mendorong adanya pertimbangan ulang atas seluruh pertanyaan pada regulasi pengeboran lepas pantai. Contoh lainnya adalah pembunuhan Presiden Kennedy. Ia mendorong keluarnya isu kontrol senjata api, serta serangan jantung Eisenhower pada pertengahan tahun 1950an. Hal tersebut memunculkan pertanyaan mengenai ketidakmampuan presiden.

siapa saja mereka?

Isu dapat dibuat oleh orang atau kelompok yang tidak mempunyai posisi atau sumber daya untuk keuntungan diri sendiri. Seringkali mereka hanya mendapatkan kesan psikologis bahagia untuk melakukan apa yang mereka yakini berapa pada kepentingan umum. Para inisiator ini dapat disebut dengan “pelaku kebaikan.” Upaya untuk mendukung program pembebasan Biarfran masuk ke dalam kategori ini.

Kategori di atas tidak eksklusif satu sama lain, sebagai seorang individua tau kelompok bisa mempunyai lebih dari satu motif untuk satu tindakan tertentu. Sebagai contoh, beberap orang mendukung legislasi hak sipil karena apa yang mereka rasa adalah humaniora, sedangkan yang lainnya mendukung hal ini karena mereka mencari pencapaian personal atau kolektif.

Potongan artikel ini diterjemahkan oleh Dian Translation. Silakan hubungi kami jika ingin menerjemahkan dokumen Anda.

Leave a Comment

Tanya Admin
Tanya admin.
Dian Translation
Hai, Kakak.
Butuh jasa translate, proofreading, Turnitin, atau parafrase?
Chat di sini ya!