Mencurangi Turnitin Demi Menurunkan Skor Plagiarisme

mencurangi turnitin

Mencurangi Turnitin demi menurunkan skor plagiarisme nyata terjadi di dunia akademik Indonesia. Tidak hanya mahasiswa S1, hingga mahasiwa tingkat doktor pun ada. So far, saya belum menemukan kecurangan yang dilakukan oleh dosen.

Turnitin akan mengecek apakah teks kita mempunyai kesamaan dengan teks yang pernah diterbitkan. 3 (tiga) kata secara berurutan akan dinyatakan plagiarisme. Sebab itulah, sekarang ini Turnitin dianggap sebagai momok oleh banyak mahasiswa.

Didorong oleh beberapa alasan, akhirnya mereka memilih cara yang salah. Mereka biasanya akan melakukan pencarian di Google dengan kata kunci, “cara menurunkan skor Turnitin.” Di laman Google, ada rekomendasi video YouTube. Video di jejaring berbagi video tersebut ada yang menggunakan teknik yang semestinya. Ada pula yang mengajarkan kecurangan.

Mencurangi Turnitin

Berikut ini beberapa kecurangan untuk menurunkan skor plagiarisme di Turnitin yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa:

  1. Tanda kutip tidak pada tempatnya

    Kita bisa mengutip satu atau beberapa kalimat dari sumber lalu menyebutkan sumbernya. Untuk kemudian, kita bisa exclude kutipan tersebut agar tidak dianggap plagiarisme.
    Kecurangan yang umum terjadi adalah mahasiwa memberikan tanda kutip pada bagian yang sebenarnya bukan kutipan. Lalu tanda kutip tersebut diwarnai putih. Sehingga tidak terdeteksi oleh dosen.

  2. Mengubah spasi menjadi karakter tertentu

    Ini merupakan cara ribet terniat yang dilakukan untuk mencurangi Turnitin. Biasanya mahasiswa mengubah spasi menjadi karakter seperti beberapa titik, lalu mengubah warnanya menjadi putih. Hal ini tidak terdeteksi oleh Turnitin sebagai plagiarisme karena beberapa kata tergabung menadi satu kata.

  3. Menambah beberapa huruf pada sejumlah kata

    Hampir sama dengan cara sebelumnya, mahasiswa menambahkan atau mengulangi huruf terakhir dari sebuah kata. Lalu huruf tersebut diubah warnanya menjadi warna putih.

Itulah tiga kecurangan untuk menurunkan skor Turnitin yang pernah saya temui. Semoga tulisan ini bisa menjadi perhatian bagi para mahasiswa atau pun dosen.

Layanan Diet Skor Turnitin bukan Mencurangi Turnitin

Berlaku curang, apalagi bagi para akademisi, merupakan perbuatan yang tidak etis. Bila ketahuan, mungkin mahasiswa atau dosen bakal terkena sanksi. Bila pun tidak ketahuan, akan ada perasaan tidak nyaman di hati.

So, mahasiswa dan/atau dosen bisa menggunakan jasa parafrase kami untuk menurunkan skor similarity naskahnya. Kami akan membaca kembali naskah Bapak/Ibu, lalu kami sarikan dan tulis ulang menggunakan bahasa kami. Dengan demikian, tingkat similarity naskah tersebut akan menjadi turun.

Pada dasarnya mahasiswa dan/atau dosen dapat melakukannya sendiri, namun adakalanya terkendala dengan waktu yang ada. So, layanan diet skor Turnitin kami menjadi alternatif.

Layanan Lainnya

Selain layanan proofreading jurnal internasional, Dian Translation menawarkan beberapa layanan lainnya sebagai berikut ini:

  • Penerjemahan dokumen dan jurnal internasional baik dari Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris.
  • Proofreading merupakan layanan untuk mengecek manuscript jurnal Bahasa Inggris apakah sudah menggunakan tata bahasa dan gaya penulisan yang tepat.
  • Cek Skor Turnitin. Kami dapat membantu pengecekan skor Turnitin buku, manuscript, artikel, tulisan ilmiah, atau pun yang lainnya.
  • Diet Skor Turnitin atau Parafrase. Bila skor Turnitin manuscript Anda masih tinggi, kami bisa membantu menurunkannya. Kami menggunakan teknik parafrase secara manual.

Hubungi Kami

Bila Bapak/Ibu ingin konsultasi terlebih dahulu mengenai layanan proofreading atau pun jasa translate, cek Turnitin, dan parafrase, silakan dapat menghubungi kami di:

Jasa translate, proofreading, turnitin, dan parafrase
Tanya Admin
Tanya admin.
Dian Translation
Hai, Kakak.
Butuh jasa translate, proofreading, Turnitin, atau parafrase?
Chat di sini ya!