Mencurangi Turnitin Demi Menurunkan Skor Plagiarisme

Menurunkan skor plagiarisme
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Butuh 
Translate?
Proofreading?

Mencurangi Turnitin demi menurunkan skor plagiarisme nyata terjadi di dunia akademik Indonesia. Tidak hanya mahasiswa S1, hingga mahasiwa tingkat doktor pun ada. So far, saya belum menemukan kecurangan yang dilakukan oleh dosen.

Turnitin akan mengecek apakah teks kita mempunyai kesamaan dengan teks yang pernah diterbitkan. 3 (tiga) kata secara berurutan akan dinyatakan plagiarisme. Sebab itulah, sekarang ini Turnitin dianggap sebagai momok oleh banyak mahasiswa.

Didorong oleh beberapa alasan, akhirnya mereka memilih cara yang salah. Mereka biasanya akan melakukan pencarian di Google dengan kata kunci, “cara menurunkan skor Turnitin.” Di laman Google, ada rekomendasi video YouTube. Video di jejaring berbagi video tersebut ada yang menggunakan teknik yang semestinya. Ada pula yang mengajarkan kecurangan.

Mencurangi Turnitin

Berikut ini beberapa kecurangan untuk menurunkan skor plagiarisme di Turnitin yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa:

  1. Tanda kutip tidak pada tempatnya

    Kita bisa mengutip satu atau beberapa kalimat dari sumber lalu menyebutkan sumbernya. Untuk kemudian, kita bisa exclude kutipan tersebut agar tidak dianggap plagiarisme.
    Kecurangan yang umum terjadi adalah mahasiwa memberikan tanda kutip pada bagian yang sebenarnya bukan kutipan. Lalu tanda kutip tersebut diwarnai putih. Sehingga tidak terdeteksi oleh dosen.

  2. Mengubah spasi menjadi karakter tertentu

    Ini merupakan cara ribet terniat yang dilakukan untuk mencurangi Turnitin. Biasanya mahasiswa mengubah spasi menjadi karakter seperti beberapa titik, lalu mengubah warnanya menjadi putih. Hal ini tidak terdeteksi oleh Turnitin sebagai plagiarisme karena beberapa kata tergabung menadi satu kata.

  3. Menambah beberapa huruf pada sejumlah kata

    Hampir sama dengan cara sebelumnya, mahasiswa menambahkan atau mengulangi huruf terakhir dari sebuah kata. Lalu huruf tersebut diubah warnanya menjadi warna putih.

Itulah tiga kecurangan untuk menurunkan skor Turnitin yang pernah saya temui. Semoga tulisan ini bisa menjadi perhatian bagi para mahasiswa atau pun dosen.

Tunggu,,,

Bingung cara hubungin kami?

Gampang! Kamu bisa hubungi kami dari berbagai saluran seperti telepon, email, ataupun langsung chat WhatsApp.

KLIK! UNTUK HUBUNGI KAMI VIA WHATSAPP